Header

TERTARIK MANUNGGALING KAWULA GUSTI
Juni 2020

Tanya:

Assalamu’alaikum wr wb.

Suami saya akhir-akhir ini berubah. Yang dibicarakan selalu penyatuan dirinya dengan Allah, atau sering ia sebut manunggaling kawulo gusti. Perubahan itu setelah mengikuti beberapa kali pengajian di kantornya. Saya tak setuju, tapi selalu kalah argumen dengannya. Maklumlah saya mualaf. Mohon petunjuk pak ustad. Terima kasih.

Sultania Bogenvile – Bekasi

Jawab:

Wa’alaikumussalam wr wb

Ibu Sultania Bogenvile Yth. Satu sisi, saya salut dengan pencapaian spiritual suami ibu, tapi pada sisi yang lain prihatin dengan pemahamannya yang baru tentang Allah dan manusia. Dugaan saya, suami ibu berpegang pada firman Allah,

 “Kami lebih dekat dengannya daripada urat lehernya” (QS. Qaf [50]: 16).   Ayat inilah yang dijadikan pegangan para penganut faham al hulul atau wahdatul wujud, atau manunggaling kawulo gusti (istilah Jawa), bahwa Allah bisa menyatu dengan manusia.

Ayat itu harus dipahami secara menyeluruh, tidak boleh dipotong di tengah, atau pun dipisah dari konteks ayat sebelum dan sesudahnya. Ayat itu berbicara tentang dua malaikat yang bertugas mencatat perbuatan manusia. Maka, yang dimaksud kata ”Kami” dalam ayat ini adalah ”para malaikat kami, ” bukan Allah SWT. Pengertian sejenis juga terdapat pada ayat yang terdapat dalam surat Al Waqi’ah, ”Kami lebih dekat dengan (orang yang menjelang kematian) daripada kalian,” (QS. Al Waqi’ah [56]: 85). Maksudnya, ”para malaikat yang Kami tugaskan mencabut nyawa” itu lebih dekat daripada keluarga yang menyaksikannya.

QS. Qaf ayat 16 tentang kedekatan manusia dan Allah di atas juga bisa diartikan bukan secara fisik, tapi secara maknawi, bahwa pengetahuan dan pengawasan Allah sangat melekat pada manusia, sehingga Allah Maha Mendengar apa pun yang diucapkannya, dan Maha Mengatahui apa pun yang dilakukannya. Bahkan sekecil apa pun lintasan pada hati manusia. Kata ”Kami” juga bisa diartikan, ”para malaikat Kami (Allah) selalu dekat dengan manusia untuk membawa rahmat Kami untuknya.”

Jadi, pengertian keberadaan Allah yang lebih dekat dengan urat leher manusia, sekali lagi saya tegaskan, harus diartikan secara maknawi, seperti pengertian dalam sabda Nabi, aqrabu maa yakuunul ‘abdu min rabbihii wa huwa saajidun fa aktsirud du’aa-a / posisi terdekat manusia dengan Tuhannya adalah ketika bersujud. Maka, perbanyaklah berdoa” (HR. Muslim 482). Atau sabda Nabi yang lain, “Tuhan yang engkau panggil itu lebih dekat denganmu daripada leher binatang yang engkau tunggangi (‘unuqi raahilati ahadikum) (HR. Muslim No. 2704).

Itulah penjelasan saya, semoga ibu dan suami memiliki pemahaman yang sama tentang keimanan. Namun, jika tidak diperoleh titik temu, mohon jangan diperuncing, agar keutuhan rumah tangga terjaga. Ibu tetap harus bersyukur, bahwa di tengah banyak suami yang menyimpang agama, suami ibu justru semakin mendekat kepada Allah. Wallahu a’lamu bis shawab.

AKUI KEMUNAFIKAN ANDA

July 6th, 2020 | Posted by admin_tsb in Artikel - (0 Comments)

AKUI KEMUNAFIKAN ANDA
Oleh: Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag
Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya & Penulis Buku “60 Menit Terapi Shalat Bahagia”

sumber gambar: https://thefitagain.com/wp-content/uploads/2017/02/comforting-lies.jpg

إِذَا جَآءَكَ ٱلۡمُنَٰفِقُونَ قَالُواْ نَشۡهَدُ إِنَّكَ لَرَسُولُ ٱللَّهِۗ وَٱللَّهُ يَعۡلَمُ إِنَّكَ لَرَسُولُهُۥ وَٱللَّهُ يَشۡهَدُ إِنَّ ٱلۡمُنَٰفِقِينَ لَكَٰذِبُونَ 

“Apabila orang-orang munafik datang kepadamu, mereka berkata, “Kami mengakui, sungguh engkau (Muhammad) benar-benar utusan Allah.” Dan Allah mengetahui bahwa engkau (Muhammad) sungguh benar-benar utusan-Nya; Allah juga Mengetahui bahwa orang-orang munafik itu sungguh benar-benar pendusta.” (QS. Al Munafiqun [63]: 1)

            Artikel ini lanjutan dari tulisan sebelumnya, “Derita Dusta” yang membahas penderitaan batin orang munafik. Munafik berasal dari kata nafaq yang artinya lubang di bawah tanah untuk bersembunyi. Orang munafik menyembunyikan isi hati yang berbeda dengan yang diucapkan, maka ia tersiksa karena harus menutupi kebohongan itu sepanjang hidupnya.

Ketika mendengar ayat-ayat tentang munafik, para sahabat Nabi tidak menuding-nuding orang lain, melainkan mengarahkan ayat itu kepada diri masing-masing. Mereka takut dan khawatir, jangan-jangan munafik yang disebut dalam ayat itu adalah mereka sendiri. Ibnu Abu Malikah, tokoh tabi’in berkata, “Saya menjumpai 30 sahabat Nabi yang bersedih, khawatir dalam dirinya terdapat tanda-tanda kemunafikan, sebab keimanan mereka masih jauh dari yang seharusnya.” Sebagian dari mereka berdoa,

اَللهُمَّ اِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ خُشُوْعِ النِّفَاقِ

“Wahai Allah jauhkanlah aku dari khusyuk munafik.” Para sahabat bertanya, “Apa maksudmu?” “Yaitu kekhusyukan palsu: hanya fisik, bukan hati.”

Umar bin Khattab r.a sering bertanya pada Khudzaifah bin Yaman r.a, “Apakah engkau melihat tanda-tanda munafik pada diri saya?” “Tidak,” jawaban yang melegakan Umar. Khudzaifah adalah sahabat yang paling jeli melihat tanda kemunafikan, karena paling sering bertanya kepada Nabi tentang hal itu. Ketika melihat kerumunan orang yang bersiap mengantar jenazah ke pemakaman, Umar r.a bertanya, “Apakah Khudzaifah hadir?” Jika ya, Umar cepat-cepat datang menemuinya untuk ke sekian kalinya meminta kejelasan ada tidaknya sifat munafik pada dirinya.

Sahabat yang lain, Handhalah Al Usayyidiy r.a juga selalu mengakui kemunafikan dirinya. Ia bercerita, “Abu Bakar r.a suatu hari menjumpainya dan bertanya, “Bagaimana keadaanmu, wahai Handhalah?” “Handhalah orang munafik,” jawabku. Abu Bakar terkejut, “Subhanallah, apa yang kau katakana itu?” Aku menjawab, “Kami pernah mendengarkan Rasulullah SAW menjelaskan neraka dan surga dalam sebuah pertemuan (dengan jelas dan mengesankan), sehingga kami seakan-akan melihat keduanya itu secara langsung. Akan tetapi, setelah keluar dari pertemuan itu, dan bersukaria dengan istri dan anak-anak, serta kegiatan-kegiatan lain yang tidak penting, kami benar-benar lupa neraka dan surga itu.” Abu Bakar r.a.  berkata, “Demi Allah, kalau begitu, saya juga munafik.” Oleh karena itu, aku dan beliau pergi menemui Nabi di rumahnya. Aku berkata, “Wahai Rasulullah, saya, Handhalah benar-benar munafik.” “Apa yang engkau maksud?” Aku menjawab, “Kami pernah mendengarkan tuan menerangkan neraka dan surga dalam sebuah pertemuan, sehingga kami seakan-akan melihat keduanya secara langsung. Akan tetapi, setelah keluar dari pertemuan itu, dan bersukaria dengan istri dan anak-anak, serta kegiatan-kegiatan lain yang tidak penting, kami lalu benar-benar lupa neraka dan surga itu.” Rasulullah menjawab,

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنْ لَوْ تَدُومُونَ عَلَى مَا تَكُونُونَ عِنْدِي وَفِي الذِّكْرِ لَصَافَحَتْكُمْ الْمَلَائِكَةُ عَلَى فُرُشِكُمْ وَفِي طُرُقِكُمْ وَلَكِنْ يَا حَنْظَلَةُ سَاعَةً وَسَاعَةً

“Demi Tuhan yang menguasai diriku, jika kalian tetap (beriman dan bertakwa) seperti ketika kalian berada di sisiku, dan ketika berzikir, niscaya para malaikat akan menjabat tangan kalian dalam semua langkah hidup kalian. Namun, (ingatlah) wahai Handhalah, semuanya itu harus setahap demi setahap” (Beliau mengulang ucapan “setahap demi setahap” itu) tiga kali.” (HR.Muslim no. 2750, dalam bab tobat, pada sub bab keistimewaan keajegan zikir dan penguatan keyakinan pengawasan (muraqabah) Allah terhadap manusia, serta diperbolehkannya menjalani kesibukan yang dapat mengurangi zikir).

Siapakah Handhalah bin Abi ‘Amir r.a itu? Ia adalah pengantin baru yang gugur sebagai syuhadak perang Uhud pada tahun 3 H (625 M). Dialah yang pernah meminta ijin Nabi untuk membunuh ayahnya, Abu ‘Amir yang berada dalam pasukan kafir, tapi Nabi melarangnya. Sehari sebelum perang Uhud, Handhalah menikah dengan wanita pujaannya. Esok harinya, ia bangkit dan berlari memenuhi ajakan Nabi untuk perang. Begitu semangatnya, sampai ia lupa belum mandi besar. Maka, ketika ia gugur sebagai syuhadak, Nabi mengatakan, “Ia akan dimandikan oleh malaikat.” Sejak itulah, ia dikenal dengan julukan “Ghasiilul Malaa-ikah” (orang yang dimandikan malaikat).

Ketika tersebar hoax atau berita bohong, bahwa Nabi gugur dalam perang Uhud itu, tentara kafir, termasuk ayah Handhalah mencari jenazah Nabi. Tapi, yang ditemukan justru jasad Handhalah, anaknya.  Ia menangisi putranya dan meminta pasukan kafir tidak melakukan mutilasi putranya.

Handhalah terkenal keperkasaannya dalam perang, dan kesungguhannya dalam pembersihan diri dari sifat-sifat munafik. Berulang kali, ia mengatakan, “aku munafik.” Abdullah, putra Handhalah yang lahir beberapa bulan sepeninggal ayahnya, juga  mewarisi sifat-sifat sang ayah, yaitu semangat juang dan kerendahan hatinya terhadap setiap orang. Ia sangat jarang menegakkan kepalanya dalam pergaulan sehari-hari.

Orang sesuci Handhalah r.a dan Abu Bakar r.a mengaku munafik di mana-mana. Mengapa ada di antara kita yang justru sibuk memberi label munafik pada orang lain. Melalui artikel ini, kita berharap bisa menghentikan kebiasaan memandang jelek orang lain. Hentikan berkiblat pada Iblis yang selalu mengatakan dengan congkak, “Ana khairun minhu (aku lebih baik dari dia).” (QS. Al A’raf [7]:12). Melalui artikel ini, kita berharap berubah menjadi muslim rendah hati, tidak merasa suci atau memandang rendah orang lain, selalu memintakan ampunan untuk orang yang melakukan maksiat, dan tidak justru menghina dan memberitakan kemaksiatannya. Termasuk dalam hal ini adalah orang yang tertangkap aparat keamanan karena kejahatan kriminal, korupsi, atau skandal seks. Sebab, Allah sengaja membongkar dosa itu agar ia tidak menambah dosa yang lebih banyak. Itulah rahasia kasih Allah. Ingatlah juga peringatan Nabi SAW, 

مَنْ عَيَّرَ أَخَاهُ بِذَنْبٍ لَمْ يَمُتْ حَتَّى يَعْمَلَهُ

“Barangsiapa mencela orang karena suatu dosa, maka ia tidak akan mati sebelum melakukan dosa yang sama” (HR. At Tirmidzi dari Mu’adz bin Jabal r.a).

            Selamat berubah menjadi muslim rendah hati dan mengasihi semua pendosa.     

Sumber:  (1) Al Naisaburi,  Muslim bin Al Hajaj Al Qusyairi. Shahih Muslim. Beirut:Dar Al Fikr, 1988. (2) Hamka, Tafsir Al Azhar, juz 28, Pustaka Panjimas, Jakarta, 1985, p. 205-206. (3) Al Turmudzi, Abu ‘Isa Muhammad bin ‘Isa bin Saurah, Sunan Al Turmudzi, Dar Al Fikr, Beirut, Lebanon, 2005.

PPDS

July 1st, 2020 | Posted by admin_tsb in Artikel - (0 Comments)

PPDS
Acara “Sapa Hangat, Kajian dan Doa”
Zoom Meeting Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Jatim, 25 Juni 2020.
Oleh Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag

Yth. (1) Bapak DR. Dr. Sutrisno SpOG-K (Ketua IDI Jatim), (2) dan Bapak Dr. Dr. Achmad Chusnu Romdhoni Sp. THT-KL (K) FICS (Ketua Satgas Covid-19 Jatim), (3) Bapak Dr. dr Brahmana (Ketua IDI Surabaya) (4) Para Guru Besar dan Senior Dokter seluruh Jatim, (5) Pengurus IDI Wilayah Jatim, (6) Ketua IDI Cabang di seluruh Jatim, dan (7) Anggota IDI Wilayah Jatim terdampak Covid 19 dan keluarga.

Kita berdoa sejenak untuk para dokter, paramedis, pejabat, petugas, sukarelawan, dan siapa pun yang telah gugur dalam melaksanakan tugas. Semoga semua amal mereka diterima Allah, dosanya diampuni-Nya, dan dicatat di sisi-Nya sebagai syuhadak. Al Fatihah.  Bagi yang sakit di antara mereka, semoga Allah segera memberi kesembuhan.

Bagi para dokter, paramedis, pejabat, petugas, sukarelawan, donatur yang masih diberi tambahan umur sampai hari ini, semoga diberi kemudahan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas. Al fatihah.

Kita doakan juga keluarga yang ditinggalkan, baik yang muslim maupun yang non-muslim semoga diberi kesabaran dan kebanggaan sebagai keluarga pejuang, dan anak-anak yang ditinggalkan menjadi orang-orang hebat melebihi keluarga yang telah meninggalkan mereka selamanya. Untuk menyemangati bapak dan ibu Yth dalam melanjutkan tugas mulia, saya akan menyampaikan kajian malam ini dengan judul PPDS

1.Pengabdian.

Niatilah pekerjaan bapak ibu Yth dengan benar, yaitu ibadah, bukan yang lain. Pengabdian itu bahasa arabnya adalah ibadah. “Nilai perbuatan ditentukan niatnya,” sabda Nabi.

Niat yang demikian itu harus dikuatkan terus setiap saat. Sebab, godaan untuk melenceng dari niat mulia ini datang setiap saat, dan pada siapa saja, sesuci apa pun dia. Mengendalikan hati bukanlah persoalan mudah. Maka, Nabi SAW selalu memohon, “Wahai Allah, bantulah aku untuk selalu mengingat-Mu.” Menata hati dalam semua langkah adalah bagian dari zikrullah itu.  Ali bin Abi Thalib r.a berkata, “Orang  yang hanya berorientasi isi perut, harga dirinya tidak jauh dari isi perutnya itu.”

Syuhadak artinya persaksian, yaitu kematian dengan persaksian para malaikat bahwa seseorang meninggal dalam perjuangan dengan niat ibadah. Jika salah niat, maka predikat syuhadak tidak berlaku.

Kita diciptakan Allah bukan untuk kepentingan pribadi, tapi untuk manusia. “Kamu adalah komunitas terbaik yang dilahirkan untuk manusia” (QS. Ali Imran 3: 110). Untuk apa kita lanjutkan kehidupan, jika tidak memberi sumbangsih untuk kehidupan orang lain.

Abu Abdillah Sufyan bin Said Al-Tsauri, petapa, sufi, ahli hadis dan teologi yang lahir di Kufah tahun 715M dan wafat tahun 778M di Bashrah mengatakan, “Termasuk sadisme adalah doa yang terfokus pada diri sendiri, tanpa mendoakan orang lain.”

Semakin tinggi peran kita dalam menyejahterakan manusia, semakin tinggi juga kemuliaan kita. Nabi bersabda, “Orang yang tertinggi imannya, adalah yang paling baik akhlaknya dan paling besar sumbangsihnya untuk manusia.” Perhatikan, ibadah-ibadah individual yang seperti umrah, haji, shalat dan sebagainya tidak dijadikan ukuran utama dalam penilaian Allah

Pengabdian ini harus dilakukan secara maaksimal, antara lain smart working, hard working, endurance, and compassion.

Pengabdian yang dilakukan dengan tulus dan cinta pasti menghasilkan sesuatu yang positif. Alam semesta tercipta dengan indah, karena Allah mengerjakannya dengan cinta-kasih. “Kamu tidak akan melihat sesuatu yang tidak seimbang pada ciptaan Tuhan yang Maha pengasih.” (QS. Al Mulk 67:

2. Penyelamatan Nyawa

Salah satu misi utama agama adalah penyelamatan nyawa (hifdhun nafs) untuk nyawa sendiri, dan lebih-lebih nyawa orang lain, muslim atau non-muslim. Bahkan, penyelamatan nyawa binatang. Maka, semua ibadah harus dilakukan dengan memperhatikan misi tersebut. Misalnya, wudu wajib diganti tayamum, jika air membahayakan kesehatan. Puasa tidak boleh dilakukan, jika membahayakan kesehatan. Shalat di masjid, umrah dan haji juga tidak boleh dilakukan jika membahayakan nyawa sendiri atau orang lain. Jadi, argumentasi, “Saat pandemi, manusia seharusnya lebih banyak di masjid” tidaklah selalu benar.

Jangan ceroboh dalam hal keselamatan nyawa. Ikutilah sunnatullah (hukum-hukum alam). Allah berfirman, “Janganlah kalian melakukan apa pun yang membawa kebinasaan” (QS. Al Baqarah 2: 195)

Islam amat menghargai nyawa manusia. Penyelamatan satu nyawa sama dengan penyelamatan semua generasi manusia, dan siapa pun yang menyebabkan kematian seorang, sama dengan membunuh semua generasi manusia. (QS. Al Maidah 5: 32).

Bersyukurlah, semua tenaga medis telah mendapat apresiasi Allah. Jean Gough, Direktur Regional Asia Selatan UNICEF mengatakan, “Tanpa tindakan segera, Covid-19 bisa menghancurkan harapan dan masa depan seluruh generasi. Tidak hanya kematian karena covid, tapi juga kematian anak-anak di Asia Selatan akibat tidak mendapat imunisasi dan nutrisi, karena semua dana terfokus untuk penanganan Covid-19. Mereka, lebih-lebih yang miskin atau di pedalaman yang jauh dari jaringan internet, juga mengalami krisis edukasi yang memprihatinkan.” (Jawa Pos, 23-6-2020, p.3)

3. Doa

Berdoalah setiap memulai dan mengakhiri tugas. Itulah ciri khas manusia beragama. Allah amat membenci orang yang jarang berdoa, sebab berarti ia congkak, bahwa dirinya bisa hidup tanpa Tuhan.

Doa tidak hanya berisi permohonan keselamatan, tapi juga keilmuan, sebab masih banya rahasia semesta, termasuk penyakit yang masih misteri. Selain covid, masih banyak ciptaan Allah yang belum ditunjukkan manusia. “Ilmu yang telah diberikan kepadamu amatlah sedikit” (QS. Luqman 31: 34). Juga mohonlah kekuatan iman dan akhlak di tengah berbagai goncangan. Pandemi adalah ujian keimanan. Ali bin Abi Thalib, r.a berkata, “Angin yang menerpa pohon, bukanlah untuk menguji batang, ranting dan daunnya, melainkan menguji kekuatan akarnya.”

Doa sebaiknya tidak hanya berisi sebuah permohonan, tapi juga sebaiknya berisi sanjungan, pujian, dan tawakal kepada Allah. Doa yang berisi permohonan semata akan menimbulkan kekecewaan, jika permohonan itu tidak terpenuhi. Sanjunglah Allah dan berserahlah kepada-Nya. “Katakan, Dialah yang Maha Pengasih. Kami sunguh beriman kepada-Nya, dan kepada-Nya kami berpasrah.” (QS. Al Mulk 67: 29). Lihat juga redaksi doa yang menyehatkan body and mind manusia pada Buku Terapi Shalat Bahagia, oleh Moh Ali Aziz, pada tabel di bagian akhir buku.

4. Syukur

Syukur berarti senang dengan apa pun pemberian Allah. Rasa senang inilah yang ikut menguatkan kekebalan kita. Dengan jiwa syukur itu, pelayanan kita juga amat menyenangkan pasien. Bagaimana mungkin menyenangkan orang, jika ia gagal menyenangkan diri sendiri. Mengobati pasien adalah pahala, dan menyenangkannya adalah tambahan pahala lainnya. Raihlah keduanya.

Sedih, takut, dan kecewa adalah kondisi kejiawaan yang manusiawi. Nabi pun mengalaminya. Tapi, menjadi terlarang, jika berkepanjangan, sebab kesdihan dan ketakutan yang berlebihan, secara tidak langsung, adalah penghinaan kepada Allah, seolah-olah Allah sudah tidak ada atau tidak mampu menolong manusia.

Kita harus menjadi pribadi yang paling apresiatif, tapi jangan sekali-kali mengemis apresiasi. Gantungkan harapan apresiasi itu dari Allah semata, bukan dari manusia. Jika tidak, hanya kekecewaan yang didapat, jika tidak terpenuhi. Apalagi, jika diingat, bahwa hanya sedikit manusia yang apresaitif. “Sedikit sekali hamba-Ku yang bersyukur.” (QS. Saba’ 34: 13)

Tanamkan sekuat-kuatnya, bahwa berapa pun besarnya penghargaan manusia terhadap karya kita sama sekali tak sebanding dengan penghargaan dari Allah. “Dan apa saja (kekayaan, jabatan, keturunan) yang diberikan kepada kamu, maka itu adalah kesenangan hidup duniawi dan asesorinya; sedang apa yang di sisi Allah adalah lebih baik dan lebih kekal. Tidakkah kamu mengerti? (QS. Al Qasas 28: 60). Insentif untuk nakes yang dijanjikan pemerintah sebesar Rp. 3.7 T untuk 99.660 nakes yang terlibat penanganan covid-19 (Jawa Pos, 25-6-2020, p.12) tidaklah sebanding dengan resiko kematian mereka. Apalagi dibanding ganjaran Allah.

Dutch News in English (23-6-2020) melaporkan, “Part of Health workers want a different profession because of lack of appreciation.” Alhamdulillah, bukan tenaga medis di Indonesia.

Sekali lagi, syukur adalah senang. Maka, tetaplah riang, selalu berpikir positif dan optimis dalam mengahadapi semua tantangan. Sebab, itulah yang menyehatkan, dan itu pula yang amat menyenangkan Allah. Berpikir negatif atau positif adalah choices. Harvey Mackay mengatakan, “Optimis dan pesimis sama-sama masuk akal. Terserah Anda memilih yang mana.”

Surabaya, 24-6-2020

malzis@yahoo.com, www.terapishalatbahagia.net

Doa Penutup

  1. Wahai Allah, gantilah keringat panitia dan sponsor acara ini dengan parfum di surga nanti
  2. Wahai Allah, kami benar-benar kehilangan rekan-rekan kami yang telah kembali ke hadirat-Mu, tanpa sempat melambaikan tangan perpisahan karena protokol kesehatan. Kami bersaksi, mereka orang-orang baik dengan dedikasi tinggi. Ampunilah mereka.
  3. “Allahummaghsilhu….”Mandikan mereka dengan air sejuk pengampunan, lalu selimutilah dengan kehangatan kasih-Mu. Jadikan kuburan mereka lebih menyenangkan daripada rumahnya di dunia. Utuslah malaikat rahmat untuk mendampingi dan menghibur mereka, agar tidak kesepian di alam sana. Wahai Allah, jika mereka kembali kepada-Mu dengan sedikit pahala dan banyak dosa, maka jadikan kematian di tengah menjalankan tugas mulia itu sebagai pelipat pahala dan penghapus dosa.
  4. Berikan kesabaran keluarga yang mereka tinggalkan, baik muslim atau non-muslim, dan tanamkan pada mereka kebanggaan sebagai keluarga pejuang, serta yakinkan mereka, bahwa anak-anak mereka kelak akan menjadi bintang dunia, berkat doa yang diamini orang-orang baik malam ini, dan doa semua orang yang pernah ditolong semasa hidupnya.
  5. Wahai Allah, rahmatilah guru-guru kami yang telah mengantarkan kami menjadi manusia berilmu, terhormat dan berdedikasi tinggi. Jadikan semua ilmu yang telah kami amalkan pahala jariyah bagi guru-guru kami, juga kedua orang tua kami. Jadikan pula para dokter yang telah berada di sisi-Mu saksi atas ketulusan guru-guru kami dalam mendidik kami sebagai dokter dan paramedis.
  6. Bismillahi urqika…” Wahai Allah, melalui doa Malaikat Jibril yang pernah dibaca untuk kesembuhan Nabi dan kami baca malam ini, berikan semua tenaga medis dan paramedis yang sedang sakit, baik muslim atau non muslim. Berikan mereka keceriaan dan optimisme kesembuhan.
  7. “Innallaha Huwar Razzaq…” Wahai Allah, sumber kekuatan di alam semesta. Alirkan kekuatan-Mu pada otak kami, agar lebih cerdas dan menghasilkan temuan-temuan baru di bidang kedokteran. Alirkan juga pada hati kami, agar lebih bersyukur, optimis dan terbebas dari kecemasan. Alirkan juga kekuatan-Mu pada tubuh kami untuk menambah kekebalan tubuh kami dan selamat dari berbagai virus dan bencana lainnya.